Blogging & Writing Mentor Edisi April 2019: Cerita Menerbitkan Buku Antologi (Arlini Prawesti - Qatar)


Assalamualaikum..
Selamat pagi/Siang/sore....

Semoga Allah memberikan kesehatan buat Kita semua dimanapun berada.

------

Bulan lalu kita sudah mendengar kisah buku solo mbak Irma Tazkiyya.

Pagi ini saya akan sharing tentang "Buku Antologi".

Pengertian Antologi


Untuk Kita para pemula... Cocok banget buat nulis bareng-bareng... Karena bisa lebih ringan dalam pengerjaannya.



Nah... Untuk buku Antologi itu sangat perlu ada koordinator sebagai penanggung jawab. Apa sajakah tugas koordinator?


Kira-kira seperti itulah tugasnya. Untuk saya sendiri belum pernah menjadi koordinator, masih sebagai penulis saja. (Masih berasa rempong, belum disenggangkan untuk jadi koordinator).

Nah berikut ini tugas Kita, masing-masing penulis.


Sebagai penulis di buku Antologi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yaitu sebagai berikut:

1. Alur Penulisan


2. Menulis


3. Self Editing


4. Kirim Naskah


5. Menjadi Buku


Nah, seperti itulah sekilas gambarannya dari projek menulis hingga menjadi buku.

Berikut seringnya kesalahan yang terjadi saat proses menulis.

Kesalahan Penulisan


Contoh:


Ini yg paling saya ingat, gambar ini saya dapat saat latihan menulis bersama Tony Trax (komikus Islam).

Berikut ini adalah beberapa buku antologi saya yang sudah berhasil terbit:

1. Perempuan 5 Benua


2. Ulama Pengubah Dunia


3. Yuk Mengenal Profesi


4. Ramadhan Berkah Ala Rosululloh



Dan ini adalah alasan saya kenapa menulis:


Semoga bermanfaat!

-------------------------------------

Seperti yang disampaikan Arlini Prawesti dalam program Blogging & Writing Mentor edisi April, tepatnya pada tanggal 26 April 2019.

Salam Literasi!


No comments