Kamis Boga: Bakso, Lontong dan Brownies ala Umi Kulsum - Jepang

Hai Ibu Pembelajar Asia,

Kamis Boga datang kembali memberi inspirasi menu masakan untuk para ibu pembelajar Asia. Hmmm, ibu-ibu sering nggak sih merasa bingung memilih hidangan apa yang cocok untuk disajikan saat ada tamu yang berkunjung ke rumah? Yang kira-kira semua suka, apalagi kalau tamunya sesama orang Indonesia.  Pasti inginnya menyajikan menu yang khas Indonesia ya.

Nah, resep masakan yang dibagi oleh Umi Kulsum dari Jepang ini cocok lho untuk menjamu tamu. Mungkin agar perlu perjuangan ya membuatnya tapi rasanya pasti sepadan deh. Yuk kita coba bersama-sama.

BAKSO AYAM


Sepertinya kebanyakan orang Indonesia, tua maupun muda suka sekali dengan masakan ini. Di sesi Kamis Boga, resep ini juga paling banyak mendapat respon dari teman-teman Ibu Profesional Asia.

Untuk mendapatkan bakso yang kenyal, menurut mbak Umi Kulsum sebaiknya daging ayam digiling dengan food processor. Jika tidak ada food processor bisa juga menggunakan blender, tapi airnya harus ditambah. Nah, di sinilah bagian yang agak tricky, karena jika terlalu banyak kandungan air pada dagingnya maka bakso menjadi tidak kenyal kecuali ditambah pengenyal bakso. Tapi mbak Umi belum pernah mencobanya. Mungkin Ibu Pembelajar ada yang berani mencoba?

Supaya bakso dengan isi agar bisa cantik dan isinya matang sempurna, sebaiknya menggunakan api kecil dan pasang timer 30 menit - 1 jam. Mbak Geta juga menyetujui tip ini dan menyarankan agar bakso direbus sampai terapung baru diangkat.

Untuk bakso daging sapi, beberapa teman memberikan tip membuat bakso sapi yang kenyal dan enak, sebagai berikut:

Umi Kulsum - Jepang

Campur daging sapi dan daging ayam dengan perbandingan 1:1. Lalu tambahkan telur dan tapioka.

Syarifah - Taiwan

Untuk menghasilkan bakso daging sapi yang kenyal, daging sapi yang sudah digiling diremas-remas dengan putih telur selama 3 menit. Setelah tercampur tambahkan air es yang sudah diberi garam sebelumnya secara perlahan-lahan selama 3 menit supaya daging bisa menggumpal. Lalu beri tapioka di akhir.

Geta - Qatar

Resep bakso tentu tidak lengkap tanpa kuah kan. Nah, Mbak Umi menambahkan resep kuah bakso andalannya sebagai berikut:

RESEP KUAH BAKSO

Bahan
  • Tulang sapi atau tulang ayam
  • Wortel (kupas tapi jangan dipotong)
  • Batang seledri (jangan dipotong)
  • Batang bawang daun (jangan dipotong)
  • Bawang goreng
  • Daun bawang diiris 
  • Seledri diiris
Bumbu Halus
  • Merica
  • Bawang putih
Cara Membuat:
  • Rebus tulang ayam atau sapi sebentar lalu buang airnya.
  • Rebus lagi tulang beserta wortel, batang seledri dan batang bawang daun. Masak sampai kaldunya keluar lalu buang wortel, batang seledri dan batang bawang daun.
    Guna wortel, seledri dan bawang daun adalah sebagai kaldu atau penyedap rasa alami.
  • Saat akan dihidangkan taburi bawang goreng, daun bawang dan seledri.
______________________________________________________

LONTONG MAGICOM

Makan bakso saja dengan lontong tentu bisa membuat kita lebih kenyang. Tapi banyak para ibu yang malas membuat lontong karena memerlukan waktu lama. Nah, mbak Umi Kulsum memberi cara baru membuat lontong secara praktis, hanya dengan magicom. Yuk simak caranya:



Gampang kan? Jadi ibu-ibu nggak perlu repot lagi saat ingin menghidangkan lontong. Coba saja cara praktis dari Mba Umi Kulsum ini.

___________________________________________________________

BROWNIES BEKATUL


Sebagai camilan atau hidangan penutup, Mbak Umi Kulsum memilih resep Brownies Bekatul.

Bekatul adalah ampas kulit ari yang didapatkan dari sisa penggilingan beras. Bekatul ini dipercaya memiliki banyak kandungan gizi seperti karbohidrat, lemak, vitamin B kompleks, asam amino, lemak tak jenuh dan serat. '

Kalau di Jepang, tempat mbak Umi Kulsum tinggal, bekatul ini digunakan untuk balutan tsukemono. Dijual dengan nama Nuka.

Alasan mbak Umi memilih resep ini adalah ingin menginspirasi teman-teman untuk mengolah bekatul menjadi masakan yang unik tapi disukai orang banyak. Apalagi di Indonesia yang sumber berasnya berlimpah, pasti banyak bekatul. Nah, bisa jadi kesempatan untuk mengolahnya menjadi makanan yang memiliki daya jual bagus.

Nah, sudah siap untuk mencoba? Selamat memasak, Ibu Pembelajar.

No comments