Kamis Boga: Animal Butter Cake, Apple Pie dan Gulai Ikan

Selamat hari Kamis, Ibu Pembelajar Asia.

Wah, sudah menjelang akhir pekan ya. Apakah ibu-ibu sudah menyiapkan menu camilan untuk menemani keluarga menikmati hari libur? Kalau belum, yuk kita sontek 2 resep camilan dari Mbak Mardiati di Jepang.

Animal Butter Cake


Menurut Mbak Mardiati, penggunaan almond powder membuat cake mungil ini terasa lebih gurih dan sedap. Untuk butter cake imut seperti di foto, disarankan menggunakan cetakan silikon yang aman untuk baking.

Selain cake, Mbak Mardiati juga berbagi resep camilan segar yang cocok sekali jadi teman minum teh, lho. Yuk kita coba:

Apple Pie



Oke, camilan sudah siap. Lalu bagaimana dengan menu makan siang ya? Kalau ibu-ibu ingin mencoba menu yang unik, Mbak Tinne dari Saudi Arabia berbagi resep istimewanya untuk kita. Langsung dicatat ya, atau disave saja foto resepnya agar bisa dicoba sewaktu-waktu.

Gulai Ikan Laut


Untuk resep ini, Mbak Tinne lebih suka menggunakan ikan laut seperti tenggiri, tuna atau ikan hamour yang mudah ditemukan di pasar ikan di Saudi Arabia. Agar tidak mudah hancur saat diolah, sebaiknya ikan digoreng dulu. Tapi ini pilihan pribadi ya, Ibu-ibu, karena menurut resep aslinya ikan bisa langsung diolah tanpa harus digoreng atau dikukus dulu.

Penggunaan santan bisa disesuaikan dengan selera keluarga dan proporsi ikannya. Justru kunci yang penting adalah di bumbu halus. Dan daun kunyit bisa diskip saja kalau nggak ada karena tidak mempengaruhi rasa. Hanya saja mungkin aroma wangi dan sedapnya yang membangkitkan rasa lapar kurang terasa.

Untuk bumbu halus, Mbak Tinne memberikan tips untuk ibu pembelajar Asia sebagai berikut:
  1. Kalau malas menghaluskan bumbu dengan cara manual atau ulekan, bawang dan cabe bisa dihaluskan menggunakan blender. Tapi beri sedikit minyak agar tidak pahit.
  2. Jika sudah diberi minyak saat proses menghaluskan bumbu, tidak perlu menggunakan terlalu banyak minyak ketika menumis bumbu.
Untuk resep di atas, mbak Tinne menggunakan 7 - 8 sendok makan bumbu halus.

Nah, lengkap ya, ada resep masakan dan kue. Selamat memasak, Ibu-ibu. Jangan lupa bubuhkan cinta dalam setiap masakan. Agar kasih kita sampai kepada yang menikmati masakan itu.

Salam hangat,

Tim Rumbel Boga Ibu Profesional Asia.

No comments